Hubungan Ilmu Budaya Dasar Dengan Sistem Informasi

Jumat, 15 April 2011

Pengertian cinta kasih
cinta kasih adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) aying (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan aying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cintakasih dapat diartikan sebagai perasaan suka ( aying) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Walaupun cinta kasih mengandung arti hamper bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti Perintah-Nya, dan berpegang teguh syariat-Nya.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Sedangkan Ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang tanpa kita sadari telah sangat melekat dalam kehidupan kita, baik secara individual, dalam keluarga, maupun dalam masyarakat luas. Namun banyak dari kita yang tidak menyadari dan tidak mengerti akan hal itu, sehingga penerapannya dalam kehidupan menjadi sangat kurang. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap dalam kehidupannya.
dan tanpa kita sadari pula Ilmu Budaya Dasar selalu kita temui dalam kehidupan kita, melalui pergaulan sehari-hari di kampus, dalam masyarakat, dan dalam keluarga. Pentingnya kita menyikapi mengenai Penerapan Budaya Dasar dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita lebih memahami berbagai aturan-aturan atau norma masyarakat agar terciptanya suatu hubungan yang harmonis.


HUBUNGANYA CINTA KASIH DENGAN ILMU BUDAYA DASAR ?

Hubungan Cinta Kasih dengan Ilmu Budaya Dasar menurut saya adalah mencintai dan mengasihi seseorang bukan hanya merupakan perasaan yg kuat. Melainkan merupakan suatu putusan, suatu penilaian, suatu perjanjian. Apabila cinta kasih hanya merupakan perasaan saja, tidak ad dasarnya untuk saling berjanji akan mencintai dan mengasihi untuk selama-lamanya perasaan itu dapat timbul dan tenggelam pula.
Dengan memperhatikan pandangan-pandangan ini , maka dapat sampai kepada pendapat bahwa cinta kasih hanyalah perbuatan kemauan dan mengikat diri sendiri saja sehingga pada dasarnya tidak usah dipedulikan siapa-siapa kedua orang yang terlibat didalamnya. Apakah pernikahan itu diatur oleh orang lain ataukah merupakan hasil pilihan individual .hal itu bukan menjadi soal yang terpenting sesudah pernikahan itu dilangsungkan ialah bahwa perbuatan kemauan seharusnya menjamin kelangsungan cinta kasih.
Pandangan ini rupa-rupanya mengabaikan cirri paradoks hakekat manusiawi dan cinta kasih. Kita semuanya satu, namun tiap-tiap diantara kita merupakan makhluk unix yang khas yang tidak ada duplikatnya. Dalam hubungan kita dengan orang-orang lain, paradoks itu juga berlaku. Sejauh itu merupakan satu, kita dapat mencintai dan mengasihi tiap-tiap orang lain secara sama dalam arti cinta kasih persaudaraan. Tetapi, sejauh kita pada dalam itu berbeda, cinta ksih erotis menurut adanya unsur-unsur sangat khas dan individual yang terdapat diantara beberapa orang tertentu saja,tetapi tidak pada semua orang.

SUMBER REFERENSI
http://kanal3.wordpress.com/2010/05/19/ilmu-budaya-dasarmanusia-dan-cinta-kasih/
http://ferdyans.blogspot.com/2011/02/ilmu-budaya-dasar.html
http://anovianto.wordpress.com/2010/02/23/makalah-ilmu-budaya-dasar/
Ilmu Budaya Dasar Oleh Widyo Nugroho Achmad Muchji

0 komentar:

Posting Komentar