PERKEMBANGAN SMARTPHONE

Senin, 01 Oktober 2012


Pengertian Smartphone
Smartphone, Apakah itu Smartphone? Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. Karena memang sekarang ini yang namanya smartphone memang lagi banyak dibicarakan, lagi banyak dibicarakan, lagi banyak yang mencarinya.

Mungkin secara pengertian dari Blogger Pemula, smartphone adalah handphone layaknya yang biasa. Hanya saja HP ini memiliki kemampuan yang lebih dari HP biasanya, yaitu memiliki prosesor seperti halnya sebuah PC.

Dari pada pengertian saya banyak salahnya, berikut saya berikan pengertian smart phone yang saya ambilkan dari wikipedia.

Telepon pintar (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon pintar hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik built-in maupun eksternal) dan konektor VGA. Dengan kata lain, telepon pintar merupakan komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telepon.


Perkembangan Smartphone dari Waktu ke Waktu.

1.  Simon 
Telepon pintar pertama dinamakan Simon; di rancang oleh IBM pada 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada.
Telepon pintar tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam, telepon pintar tersebut juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan.

Telepon canggih tersebut tidak mempunyai tombol-tombol. Melainkan para pengguna menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus. Teks dimasukkan dengan papan ketik “prediksi” yang unik di layar. Bagi standar masa kini, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.


2. Beberapa Produk Nokia
Nokia Communicator merupakan telepon pintar pertama Nokia, dimulai dengan Nokia 9000, pada tahun 1996. Telepon pintar yang serupa dengan komputer tangan yang unik ini adalah hasil dari usaha penggabungan model PDA buatan Hewlett Packard yang sukses dan mahal dengan telepon Nokia yang laris pada waktu itu.

Kemudian disusul oleh Nokia 9210 yang merupakan komunikator berlayar warna pertama dan juga merupakan telepon pintar sejati yang menggunakan sistem operasi. Komunikator 9500 menjadi komunikator berkamera dan ber-WiFi pertama.

Masih dari nokia, namun kali ini mengeluarkan Komunikator 9300 yang memiliki perubahan dalam bentuk yang lebih kecil dan komunikator yang terbaru E90 menyertakan GPS. Meskipun Nokia 9210 dapat diargumentasikan sebagai telepon pintar sejati pertama dengan sistem operasi, Nokia tetap menyebutnya sebagai komunikator.

3.  Ericsson R380 
Ericsson R380 dahulu terjual sebagai ‘telepon pintar’ tetapi tidak bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga.

4.  Palm OS Treo
 
Pada Oktober 2001, Handspring mengeluarkan telepon pintar Palm OS Treo, dengan papan ketik penuh digabung dengan jelajah jejaring tanpa kabel, E-Mail, kalender, dan pengatur daftar nama, dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan komputer.

5.  BlackBerry pertama 
Tahun 2002, RIM mengeluakan BlackBerry pertama yang merupakan telepon pintar pertama dengan penggunaan surel nirkabel yang optimal dan penggunanya telah mencapai 8 juta (sampai Juni 2007), tiga perempat pemakainya berada di Amerika Selatan.

6.  iPhone generasi pertama 
Pada Tahun 2007, Produsen Komputer yang terkenal dengan Mac, Apple merilis iPhone generasi pertama yang mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 di AS dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB (tetapi dengan syarat harus kontrak dengan AT&T selama 2 tahun).

7.  Android
 
Android, OS untuk telepon pintar diluncurkan pada tahun 2008. Android didukung oleh Google, bersama pengusaha piranti keras dan lunak yang terkemuka lainnya seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.


Telepon pertama yang menggunakan Android OS adalah HTC Dream, merk keluran dari T-Mobile sebagai G1. Fitur telepon penuh, layar sentuh secara utuh, papan ketik QWERTY, dan bola jalur untuk menavigasikan halaman web.

Piranti lunak cocok dengan aplikasi Google, seperti Maps, Calendar, dan Gmail, juga Google Chrome Lite. Aplikasi pihak ketiga juga tersedia lewat Google Play (Dahulu Android Market), ada yang gratis ataupun yang berbayar.

8.  Windows Phone
 
Pada Tahun 2010, Microsoft memperkenalkan Windows Phone pada tgl 15 Februari 2010 di Pameran Mobile World Congress di Barcelona. Sistem operasi ini dirilis di Amerika Serikat pada tgl 8 November 2010. Windows Phone mendukung sampai 25 bahasa.


PERKEMBANGAN SMARTPHONE TAHUN 2011
semakin marak saja. Tak hanya berasal dari vendor lokal, bahkan vendor global pun turut bersaing ketat dengan produsen lainnya. Smartphone atau kata lain ponsel pintar, sudah berkembang sejak tahun 2000-an, dan makin majunya jaman, makin hebat pula fitur yang dibawanya. Banyak hp android lokal yang sudah laris terjual, dan banyak pula ponsel pintar yang terus berdatangan. Seperti pepatah ” Mati satu tumbuh sepuluh ribu “, banyak amat tuh?
Ya begitulah kiasan yang tepat untuk mengungkapkan pasaran smartphone di Bumi Pertiwi ini. Pada bulan Oktober kemarin saya melihat telah lahir kembali sebuah handphone pintar dengan label Nokia Lumia 710. Konon gadget tersebut menjalankan OS Microsoft Windows Phone 7.5 atau lebih dikenal dengan sebutan Mango. Tentu itu membuat daftar gadget smart di Indonesia kian bertambah. Apalagi harganya yang selangit, membuat para konsumen sedikit berusaha keras mengumpulkan dana demi memilikinya. Emmh emmh. Hal itu disebabkan karena Harga Bokia Lumia 710 dibanderol bekisar Rp. 3.300.000,-
PERKEMBANGAN SMARTPHONE TAHUN 2012
Sejak munculnya smartphone pertama (Apple iPhone di tahun 2007), kemampuan “handphone pintar” terus mengalami kemajuan pesat. Dari satu prosesor, dikembangkan menjadi dua prosesor. Resolusi tampilan pun diracik sampai melebihi batas kemampuan mata manusia.

Meski begitu, bukan berarti teknologi smartphone akan berhenti sampai di situ. Kita lihat apa yang akan ditanamkan dalam smartphone pada tahun 2012.

1. Prosesor Quad Core
Bila 2011 merupakan tahun dual-core, pada tahun 2012 akan ditanam prosesor quad-core ke perangkat smartphone. Sebut saja Nvidia Tegra 3, prosesor ini dikatakan lima kali lebih cepat dari dual-core (Tegra 2 sudah memulai debutnya di tahun ini). Qualcomm sendiri berencana meluncurkan quad-core Snapdragon CPU berkecepatan hingga 2.5GHz dengan quad-core prosesor grafis Adreno untuk gaming. 

2. Membawa NFC
Dengan teknologi NFC (Near Field Communication), smartphone di tahun 2012 akan bisa dijadikan alat dalam pembayaran. Seperti halnya Google Wallet yang akan banyak memiliki kompetitor di tahun depan. Para operator nirkabel di luar negeri telah bersatu untuk mendukung sistim ini yang disebut dengan Isis. 

Apple berencana akan melengkapi iPhone dengan NFC. Sedangkan Research In Motion menyertakan kemampuan NFC pada BlackBerry Bold 9900 dan BlackBerry Curve 9350/9360/9370.

3. Standar Display Resolusi 720 Pixel HD
Samsung Galaxy Nexus dan HTC Rezound adalah salah satu smartphone pertama yang tampilan display-nya 720pixel (1280 X 720pixel). Tahun depan, diperkirakan resolusi tampilan layar tersebut menjadi standar buat semua smartphone kelas high-end. Para produsen handphone pun akan memutar otak untuk menempatkan resolusi tersebut ke display yang ukurannya lebih kecil dari 4,3 inch.

4. Teknologi LTE
Tahun 2011 merupakan masa percobaan buat 4G LTE, yang menawarkan kecepatan sambungan internet melalui jaringan 3G. Verizon sudah mencoba LTE pada HTC Thunderbolt dan Samsung Droid, namun teknologinya masih belum bagus karena ketika LTE dihidupkan, batere akan cepat habis. 

AT&T baru akan mengembangkan LTE, sedangkan Sprint akan meluncurkan LTE di awal 2012. Sehingga diharapkan LTE akan menjadi jaringan internet standard buat smartphone di tahun depan. Mudah-mudahan para operator dan produsen handphone dapat menemukan cara agar LTE bisa lebih menghemat batere.

5. Kontrol Suara
Setelah peluncuran Siri di iPhone 4S Apple, Google dan Microsoft berlomba untuk menanamkan teknologi serupa di platform smartphone mereka. Apple sendiri berencana akan membuat Siri sebagai asisten pribadi virtual melalui aplikasi pihak ketiga pada tahun 2012.
6. Minus Pengembangan Batere
Bila kekuatan prosesor terus bertambah, kualitas layar semakin baik, dan peralihan data semakin cepat, tapi sayangnya di tahun 2012 nanti tidak ada pengembangan teknologi batere yang berarti. Batere yang bertenaga besar untuk bersanding dengan smartphone 2012 masih dalam mimpi.

Namun, beberapa produsen sudah berusaha untuk mencari cara agar smartphone lebih hemat batere. Prosesor Nvidia Tegra 3, misalnya, memiliki inti kelima tersembunyi yang menarik sejumlah kecil baterai untuk tugas-tugas dasar. Sedangkan Motorola Razr Droid dapat mematikan baterai sebagai fungsi otomatis untuk menghemat daya. 
Referensi

0 komentar:

Poskan Komentar